Jumat, 03 Juni 2011

Hari Lingkungan Hidup Dunia 2011 : “Hutan Penyangga Kehidupan”

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2011 dilaksanakan pada 5 Juni 2011. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) menjadi momentum untuk merangsang kesadaran publik seluruh dunia akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tahun 2011 adalah Forests: Nature at your Service dengan peringatannya akan dipusatkan di New Delhi India. Sedangkan tema Hari Lingkungan Hidup Indonesia 2011 menjadi “Hutan Penyangga Kehidupan”. Pemilihan tema ini disesuaikan dengan tahun 2011 yang dideklarasikan PBB sebagai Tahun Hutan Internasional (International Year of Forest). Tahun Hutan Internasional sendiri mengangkat tema “Forests for People“.

Tema hari lingkungan hidup ini diharapkan masyarakat dunia dapat lebih peduli tentang makna akan pentingnya hutan sebagai penjaga keseimbangan antara kepentingan manusia dan kepentingan semua makhluk hidup lainnya di dunia. Fungsi hutan tersebut hanya dapat tercapai bila hutan tetap terjaga kelestariannya.
Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2011 untuk menposisikan hutan sebagai modal utama pembangunan nasional menuju masyarakat sejahtera dan berkelanjutan. Diharapkan seluruh masyarakat dunia khususnya Indonesia dapat berpartisipasi menjaga sumber daya alam Indonesia terutama hutan agar dapat bermanfaat secara berkelanjutan.
Lingkungan Hidup 2011ini menekankan akan pentingnya hutan yang memiliki fungsi untuk memberikan layanan bagi kehidupan yang memiliki nilai keberlanjutan. Juga menegaskan keterkaitan antara kualitas kehidupan manusia dan kelestarian ekosistem hutan. 

0 komentar:

Posting Komentar